Pengelompokan Gizi

Pengelompokan Zat Gizi

A. Zat gizi sumber energi

Diperlukan energi untuk mempertahankan fungsi tubuh agar dapat berfungsi dengan baik, peredaran darah, persyarafan, pernapasan, gerak otot sehingga atlet dapat berlatih dan menjaga konsisi tubuh setelah bertanding. Energi ini didapat dari zat hidrat arang, lemak, dan protein yang dikomsumsi melalui makanan.

Zat utama yang menghasilkan energi itu adalah karbohidrat khususnya zat tepug (amylum). Maka pada bahan makanan pokok serelia, energi yang dihasilkan berasal dari karbohidrat maupun protein.

Zat-zat makanan seperti karboidrat dan lemak memiliki fungsi sebagai berikut:

1.  Karbohidrat, terdiri dari unsurC, H,dan O. Berdasarkan gugus penyusun gulanya dapat dibedakan menjadi monosakarida, disakarida, dan polisakarida.

2.Lemak, merupakan senyawa organik yang majemuk, terdiri dari unsur-unsur C,H, dan O yang membentuk senyawa asam lemak dan gliserol (gliserin), apabila bergabung dengan zat lain akan membentuk lipoid—- fosfatid dan sterol.

Lemak berfungsi sebagai:

  1. Penghasil kalori terbesar yang dalam hal ini tiap gram lemak menghasilkan sekitar 9,3 kalori.
  2. Sebagai pelarut vitamin tertentu seperti A,D,EdanK.
  3. Sebagai pelindung alat-alat tubuh dan sebagai pelindung tubuh dari temperature rendah.

.

B. Zat gizi pembangun tubuh

Zat gizi protein sebagai zat pembangunan tubuh sangat diperlukan untuk membentuk struktur tubuh, terutama dalam pembentukan jaringan baru, juga pembentukan enzim, hormone, dan anti biotibodi.

Zat pembangun sel, terutama diduduki oleh protein sehingga bahan pangan lauk pauk tergolong dalam bahan makanan sumber zat pembangun. Terutama Pada serelia sebagai bahan makanan pokok, jumlah protein yang dikonsumsinya mencapai kuantu yang cukup signifikan, karena bahan makanan pokok biasanya dikonsumsi dalam dalam jumlah cukup besar. Kita ketahui  bahwa protein juga energi yang sama dengan karbohidrat setiap gramnya.

Protein, terdiri dari unsur C, H, O, dan N, dan kadang-kadang S, dan P, diperoleh melalui tumbuhan-tumbuhan (protein nabati) dan melalui hewan (protein hewani) berfungsi sebagai

a. Mambangun sel-sel yang rusak

b. Membentuk zat-zat pengatur seperti enzim dan hormon

c. Membentuk zat anti energi dalam hal ini tiap gram protein      menghasilkan sekitar 4,1 kalori.

 

C. Zat gizi pengatur

Untuk mengatur jalanya metabolisme di dalam tubuh, diperlukan yang banyak didapat dari sayur-sayuran berwarna hijau dan juga pada buah-buahan barwarna kuning dan merah.

Dengan mengkomsumsi sayur dan buah, selain mendapatkan vitamin dan mineral didapat juga serat yang sangat dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, dengan adanya serat, tubuh tetap merasa kenyang, terjadi pergerakan usus dan akan memperlancar buang air besar. Berarti mengkomsumsi buah-buahan dan sayuran, mutlak diperlukan seseorang untuk sehat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s