ASAM LEMAK JENUH

Lemak Jenuh

  1. 1.      Pengertian

Asam lemak jenuh merupakan asam lemak yang memiliki efek yang kurang baik bagi kesehatan, sebaliknya asam lemak tidak jenuh merupakan asam lemak yang merupakan sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan. Contoh makanan dengan sumber asam lemak jenuh yang tinggi adalah gajih, mentega, dan lemak hewani.

Berbentuk padat pada suhu ruangan dan dikenal sebagai lemak jahat. Umumnya lemak jenuh terdapat dalam produk hewani. Semakin banyak konsumsi lemak jemuh, maka semakin tinggi kadar kolesterol dalam darah.

  1. 2.      Sumber makanan yang mengandung lemak jenuh

Contoh makanan yang mengandung asam lemak jenuh serta pengganti makanannya :

  • Minyak kelapa dan minyak kelapa sawit. Minyak ini sangat kaya akan lemak jenuh.
  • Hydrogenated atau partially hydrogenated oils. Hindari junk food yang menggunakan minyak yang dihidrogenasi atau dihidrogenasi sebagian, atau lemak trans. Junk food ini termasuk donat dan kentang goreng.
  • Susu whole fat atau produk-produk susu, termasuk keju. Mulailah beralih dari produk-produk susu yang whole fat ke produk susu dengan 1 atu 2 persen lemak atau ke susu skim. Keju juga telah tersedia dengan berbagai versi skim-milk. Selain itu, creamer produk non-susu yang mengandung lemak jenuh juga sebaiknya diganti dengan susu skim.
  • Pengganti lemak. hati-hati mengunakan makanan lemak dengan kalori yang lebih rendah. Studi-studi telah menunjukkan, memilih lemak rendah kalori justru memicu orang-orang mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah yang lebih besar. Karena itu, jangan jadikan rendah kalori sebagai alasan untuk mengonsumsi lebih banyak.
  • Mentega. Mentega kaya lemak jenuh, kalori dan kolesterol tetapi sama sekali tidak mengandung nilai gizi.
  • Pizza, popcorn yang kaya lemak serta kudapan lainnya.

Berikut beberapa makanan pengganti rendah lemak yang bisa menjadi pilihan Anda:

-         Margarin. Pilihlah yang mengandung lemak trans paling sedikit. Caranya, pilihlah yang paling lembut. Semakin lembut margarin yang Anda pilih, kandungan lemak transnya juga semakin sedikit.

-         Susu skim yang sudah diuapkan. Susu skim ini bisa menjadi pilihan yang jauh lebih baik dibandingkan krim berat.

-         Tepung cokelat. Saat hendak digunakan untuk memanggang, tepung ini bisa digunakan untuk menggantikan cokelat yang tanpa pemanis.

-         Yogurt. Yogurt beku tanpa lemak bisa digunakan untuk menggantikan es krim. Yogurt bisa juga digunakan sebagai topping untuk menggantikan krim yang kaya lemak.

-         Produk-produk unggas. Unggas mengandung lebih sedikit lemak dan kolesterol dibandingkan sapi.

-         Putih telur. Ada baiknya mengosumsi 2 putih telur atau 1/4 cangkir telur tanpa kolesterol dibandingkan 1 telur utuh.

Contoh lain makanan yang mengandung lemak jenuh :

  1. Asam butirat (asam butanoat): CH3(CH2)2COOH atau C4:0 ? terdapat dalam mentega (lemak nabati)
  2. Asam kaproat (asam heksanoat): CH3(CH2)4COOH atau C6:0 ? terdapat dalam mentega
  3. Asam kaprilat (asam oktanoat): CH3(CH2)6COOH atau C8:0 ? terdapat dalam mentega (lemak nabati)
  4. Asam kaprat (asam dekanoat): CH3(CH2)8COOH atau C10:0 ? terdapat dalam mentega (lemak nabati)
  5. Asam laurat (asam dodekanoat): CH3(CH2)10COOH atau C12:0 ? terdapat dalam minyak paus (spermaceti), kayu manis, biji kelapa sawit, minyak kelapa, salam
  6. Asam miristat (asam tetradekanoat): CH3(CH2)12COOH atau C14:0 ? terdapat dalam pala, biji kelapa sawit & minyak kelapa
  7. Asam palmitat (asam heksadekanoat): CH3(CH2)14COOH atau C16:0 ? terdapat dalam semua lemak hewan & tumbuhan
  8. Asam stearat (asam oktadekanoat): CH3(CH2)16COOH atau C18:0 ? terdapat dalam semua lemak hewan & tumbuhan
  9. Asam arachidat (asam eicosanoat): CH3(CH2)18COOH atau C20:0 ? terdapat dalam minyak kacang tanah
  10. Asam behenat (asam dokosanoat): CH3(CH2)20COOH atau C22:0 ? terdapat dalam biji-bijian

 

  1. 3.      Fungsi Lemak Jenuh
  • Asam lemak jenuh memenuhi sedikitnya 50 persen membran sel. Mereka memberikan sel-sel kita integritas dan kekentalan yang diperlukan.
  • Mereka memainkan peranan penting terhadap kesehatan tulang. Agar kalsium dapat bersatu dengan struktur tulang kerangka secara efektif, sedikitnya 50 persen lemak makanan seharusnya mengandung lemak jenuh.
  • Mereka menurunkan Lp (a), substansi dalam darah yang mengindikasi kecenderungan penyakit jantung.
  • Mereka melindungi hati dari alkohol dan racun lainnya, seperti Tylenol.
  • Mereka meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Mereka diperlukan untuk penggunaan asam lemak penting dalam jumlah tepat. Asam lemak omega-3 bertahan lebih lama di dalam jaringan ketika makanan yang masuk kaya akan lemak jenuh.
  • Asam 18-carbon stearic dan asam 16-carbon palmitic adalah jenis asam lemak jenuh yang baik bagi jantung, itulah mengapa di sekitar otot jantung kaya akan lemak jenuh. Jantung mengambil cadangan lemak ini saat mengalami depresi.
  • Asam lemak jenuh dengan rantai pendek dan medium merupakan antimikroba penting. Mereka melindungi kita agar mikroorganisme berbahaya tidak masuk ke dalam pencernaan.
  • Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung anggapan yang menyatakan bahwa “penyumbatan arteri” menyebabkan penyakit jantung. Sesungguhnya, evaluasi lemak pada penyumbatan arteri menunjukkan bahwa hanya sekitar 26 persen lemak yang dijenuhkan. Sisanya adalah lemak tidak jenuh, dan lebih dari setengahnya adalah lemak tak jenuh ganda. (Mary Enig. PhD/Sally Falon/The Epoch Times/feb)
About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s